Alat Permainan Edukatif (APE) TK Hang Tuah 6 Jakarta Diresmikan - JATENG | PRAJURIT SETIA

Jumat, 26 Januari 2024

Alat Permainan Edukatif (APE) TK Hang Tuah 6 Jakarta Diresmikan

Jakarta, (27/01) | Keberhasilan  Penyelenggaraan Pendidikan sangat tergantung pada 8 (delapan) standar nasional pendidikan, yang salah satunya  adalah standart sarana prasarana yang memadai  termasuk penyediaan alat permainan edukatif yang aman  dan nyaman yang memungkinkan peserta didik  dapat mengembangkan pengetahuan, bakat, iman  dan karakternya  dengan baik dan maksimal . Hal ini di sampaikan oleh Ketua Umum  Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P saat peresmian Alat Permainan Edukatif TK Hang Tuah 6 Jakarta pekan ini.

Lebih lanjut Ketum YHT mengemukakan bahwa pendidikan TK  merupakan salah satu bentuk pendidikan pra sekolah yang menyediakan program pendidikan bagi anak usia dini hingga memasuki pendidikan dasar, membantu meletakkan dasar ke arah  perkembangan sikap pengetahuan , ketrampilan dan daya cipta  yang diperlukan oleh anak, pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.

Alat Permainan Edukatif (APE) TK Hang Tuah 6 dirancang untuk anak-anak dengan tujuan untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak dalam proses pembelajaran, baik dilaksanakan dirumah maupun di sekolah. Ape untuk usia  dini dirancang untuk mengaktifkan panca  indra secara bersamaan, sehingga seluruh aspek perkembangan  dapat tumbuh  dengan sempurna.

Sebagai penutup dalam sambutannya, Ketum YHT  mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor atas bantuan dana DAK APE untuk TK Hang Tuah 6 dan berharap membawa dampak yang baik untuk TK Hang Tuah 6. Anak- anak senang dan nyaman berada di sekolah sehingga pada PPDB tahun depan  diharapkan   TK Hang Tuah 6 bertambah banyak siswanya.

Kasatdik TK Hang Tuah 6 Jakarta Purwindaryanti, S.Pd.I kepada awak media mengemukakan bahwa saat ini sekolahnya memiliki  40 siswa dengan 11 guru dan karyawan. Pelaksanaan Peresmian APE oleh Ketua Umum  Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P  merupakan bantuan dari Kemenkeu melalui Dinas Pendidikan Kabupaten  Bogor yang diterima pada bulan November 2023. Dana bantuan sebesar Rp 172.306.504 dipergunakan untuk renovasi lapangan bermain dan pengadaan alat –alat bermain outdoor. Beragamnya alat permainan sangat bermanfaat untuk melatih dan mengembangkan motorik kasar dan potensi pada anak-anak, sehingga anak-anak merasa nyaman, lebih semangat, senang dan betah disekolah.

Pada acara Peresmian APE kali  ini dihibur oleh beberapa penampilan tari dan drumband  dari siswa-siswi TK Hang Tuah 6, SDS Plus Hang Tuah 7 dan SMP Hang Tuah 4 Jakarta.

Seusai peresmian, Ketum YHT meninjau lokasi APE dan menanam pohon bersama Kabidbin Paud Dikmas  Siswanto, S.Pd.,M.Si  dan Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Jakarta Kolonel  (Purn) Dr. Fadelan, S.E., M.M.,M.Tr.Opsla, CRMP dilanjutkan dengan doa dan pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum YHT dan diterima oleh Kasatdik TK Hang Tuah 6 Jakarta  Purwidaryanti, S.Pd.I.

Turut hadir dalam peresmian APE TK Hang Tuah 6,  Anggota Pembina  Bidang Umum  YHT Laksma   (Purn)  Dr. Ir. Trismadi, M.Si., IPU,  Anggota  Pengawas   YHT Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP,  Sekertaris  YHT Eka Agustina , A.Md,  Kabidbang  YHT Kol (Purn) Zaenal Abidin Irawan, S.H., M.H, Kabiddik  YHT Kol (Purn)  Regeng Pramono, S. Kom., M.M, Bendahara  YHT  Dra. Erni Megawati dan Anggota Pengurus Cabang : Sekretaris Kolonel Purn Dra.Ririn Susilowati, M.M.,CHRMP, Kabidbang Kolonel Purn Dra. Martatik Widiyati, M.M., CHRMP , Kabiddik Meyta Nurlita, S.Hum , Bendahara Evi Puspita Syahri, Kabidbin Paud Dikmas Kab. Bogor Bapak Siswanto, S.Pd.,M.Si , Kepala Desa Ciangsana , Penilik TK / SD Kec Gunungputri, Ketua IGTKI Kec.Gunungputri,  Ketua dan Pengurus Komite TK Hang Tuah 6.

(yht/dar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda