Reuni Keluarga Besar KRI DEWARUCI, Berikan Motivasi Generasi Penerusnya - JATENG | PRAJURIT SETIA

Sabtu, 27 Januari 2024

Reuni Keluarga Besar KRI DEWARUCI, Berikan Motivasi Generasi Penerusnya

Surabaya, (27/01) | KRI Dewaruci kini sudah berusia 71 tahun semenjak 24 Januari 1953 yang telah memperkuat jajaran Satuan Kapal Bantu Koarmada II, hari  ini Sabtu,(27/01/24) telah berkumpul diatas geladak KRI Dewaruci tidak kurang dari 80 personil mantan Komandan hingga prajurit aktif yang pernah mengawaki kapal latih Taruna Akademi TNI Angkatan Laut ini.

Pertemuan para prajurit KRI Dewaruci yang pernah mengikuti muhibah ke luar negeri ini dikemas dalam tema "Reuni Keluarga Besar KRI Dewaruci, Kejayaan Mengenang Memori, Merajut Tali Silatuhmi".

Laksda (Purn) Sumindiharso,berharap keberadaan KRI Dewaruci agar tetap eksis mengemban tugas berlayar sebagai kapal latih calon pemimpin TNI AL, sementara itu  Laksda (Purn) Darwanto,S.H., M.A.P, berkesempatan memberikan sepatah kata mengenang disaat  bertugas di KRI Dewaruci yang sedang muhibah keluar negeri. Laksda (Purn) Darwanto mengenang betapa besar sambutan masyarakat USA kala kapal latih Taruna AAL ini  berlabuh di dermaga Miami, Norfolk, Boston dan Baltimore, kala itu dunia mengakui kejayaan dan keperkasaan KRI Dewaruci, "tuturnya".

Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Sugeng  Harianto  , komandan ke 41 dalam sambutannya menyampaikan bahwa  Reuni Keluarga Besar KRI Dewaruci, Mengenang memori, merajut tali silaturahmi yang dilaksanakan saat ini adalah wujud konsistensi keinginan para pengawak lama dan pengawak saat ini yang sama-sama  menginginkan bahwa KRI Dewaruci tidak hanya sebagai sebuah legenda perjalanan panjang Implementasi Bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim di kancah internasional melainkan bagaimana mewujudkan nilai-nilai budaya maritim bangsa Indonesia dalam diplomasi maritim di kancah internasional.

"Langkah awal penetapan KRI Dewaruci sebagai Cagar Budaya Nasional semakin memperteguh pengakuan Negara Indonesia terhadap apa yang telah diperbuat oleh KRI Dewaruci dalam memperkenalkan Indonesia sebagai bangsa maritim yang besar di kancah internasional. Oleh Karena itu KRI Dewaruci harus tetap eksis berlayar sebagai sarana dalam menggembleng semangat dan karakter generasi muda sebagai bangsa maritim" pungkasnya.

Kekompakan para mantan prajurit dan prajurit aktif KRI Dewaruci  tergambar dengan meriahnya acara ini, seperti tidak ada sekat , saya juga  merasakan bagaimana familiernya mereka, karena saya beberapa kali bergabung dalam satgas muhibah ke luar negeri.

Dalam kesempatan ini panitia menyediakan doorprice bagi peserta yang hadir, juga di sampaikan cinderamata kepada para mantan komandan KRI Dewaruci yang  diserahkan langsung oleh Komandan KRI Dewaruci. Juga pemotongan tumpeng ulang tahun ke-71  KRI Dewaruci  oleh komandan KRI yang di serahkan kepada Peltu (Purn) Heru sebagai mantan prajurit KRI DWR terlama.

Laksda(Purn) Darwanto, S.H., M.A.P secara spontanitas juga menyerahkan  se jumlah dana untuk seluruh peserta yang hadir, harapannya kegiatan reuni seperti ini akan tetap berlangsung di masa yang akan datang.

Sementara itu Ketua Panitia, Serma (Purn) Silitonga dan  beberapa peserta yang hadir, Peltu (Purn) Heru dan kawan- kawan juga sepakat bahwa reuni semacam ini diharapkan akan terulang kembali, karena  disamping sebagai ajang silaturahmi, juga dapat menjalin rasa kekeluargaan diantara para mantan prajurit KRI Dewaruci.

Turut hadir ditengah -tengah peserta reuni, Komandan Satuan Kapal Bantu Koarmada II Kolonel Laut (P) Agus Joko Sulistya, S.T., M.Tr.Hanla, serta para mantan Komandan KRI Dewaruci, Letkol Laut (P) Waluyo, Letkol Laut Hasta, Letkol Laut Lubis.

(dar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda