Menghindari Penyimpangan: Seklem AAL Buka Audit Internal TW I Akademi TNI Angkatan Laut - JATENG | PRAJURIT SETIA

Rabu, 24 Januari 2024

Menghindari Penyimpangan: Seklem AAL Buka Audit Internal TW I Akademi TNI Angkatan Laut

AAL, Surabaya (23/1/2024) | Taklimat awal Sekretaris Lembaga Akademi TNI Angkatan Laut (Seklem AAL), Laksma TNI Weningingtyas Alindri, dalam pembukaan Audit Internal TW I Akademi TNI Angkatan Laut yang digelar di gedung Dewakang Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, pada Selasa (23/1).

Seklem AAL dalam amanatnya mengatakan bahwa kegiatan Audit Internal AAL merupakan implementasi fungsi kontrol pemimpin dalam upaya mengoptimalkan kinerja organisasi dengan melakukan audit terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran Sub Satker AAL yang menjadi obyek Audit di AAL.

Lebih lanjut, dengan kegiatan Audit ini diharapkan dapat menghindari sekecil mungkin terjadinya penyimpangan, penyalahgunaan wewenang, sehingga kegiatan yang telah direncanakan dapat tercapai sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan serta dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, tiap Sub Satker yang menjadi obyek tim Audit dapat mendukung pelaksanaan Audit ini dengan memberikan keterangan dan data-data sesuai dengan kondisi yang ada secara transparan, benar, dan obyektif. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan kemungkinan terjadinya penyimpangan dan kekeliruan.

Sasaran Audit Internal AAL adalah pelaksanaan program kerja dan anggaran dari TW I sampai dengan TW IV TA. 2023 serta pengecekan tindak lanjut Audit Internal TA. 2023. Tim akan mengawasi sejauh mana hasil yang telah dicapai di Depgadik, Deplek, Depjas, Deppim, dan Akun AAL. Sedangkan pokok sasaran Audit antara lain: pembinaan bidang operasional pendidikan, yang meliputi administrasi pendidikan, proses belajar mengajar, latihan, dan pengasuhan Taruna, serta pembinaan latihan anggota tetap AAL, pembinaan bidang sumber daya, yang meliputi bidang personel, keuangan, material, dan logistik.

Adapun susunan anggota tim Audit Internal sebagai Ketua tim 1 Laksma TNI Weningingtyas Alindri, Ketua tim 2 Letkol Laut (S) Frisky Muharram, Wa Katim merangkap bidang keuangan Letkol Laut (KH) Rimbun Natanael, beserta sembilan anggota lainnya.

Sementara itu, mengakhiri sambutannya, Seklem AAL mengetuk palu yang menandakan bahwa Audit Internal AAL secara resmi telah dibuka.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda